Tags

, ,

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun khususnya di bulan Maret setiap wajib pajak tak terkecuali, waib menyampaikan SPT.  Jika sebelumnya saya selalu melaporkan SPT menggunakan sistem drop box (paper based), dimana saya mengisi formulir 1770 S lalu datang ke kantor pajak atau mencari drop box untuk menyerahkan spt tersebut, maka di tahun ini saya mencoba untuk melaporkan pajak tahunan dengan menggunakan sistem online (e-Filing).

Untuk dapat menggunakan e-Filing setiap wajib pajak harus memiliki e-Fin. e-Fin  ini bisa dikatakan sebagai identifikasi elektronik dari wajib pajak yang menggunakan e-Filing. Untuk mendapatkan e-Fin, wajib pajak diharuskan mengisi formulir yang dapat diperoleh di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat. Formulir yang sudah terisi diserahkan kembali ke petugas pajak beserta fotocopy KTP dan NPWP. Berdasarkan peraturan pajak yang baru dikeluarkan di Januari 2014, e-Fin akan diberikan kepada wajib pajak maximum 1 hari melalui email atau sms.

Saya sendiri mendapatkan e-Fin di KPP Pratama Jakarta Cilandak. Kantor pajak ini tidak terlalu jauh dari client saya yang berada di TB Simatupang. Pada waktu saya ke sana, tidak ada antrian dan kantor cukup sepi mungkin karena waktu itu adalah jam shalat jumat. Setelah mengisi formulir dan menyerahkan lampiran yang diperlukan (sebenarnya saya tidak membawa fotocopy KTP dan NPWP, akan tetapi petugas pajak saat itu dengan baik hati menawarkan diri untuk memfotocopykan KTP dan NPWP secara GRATIS), maka petugas pajak langsung memeriksa permohonan saya dan mengatakan e-Fin dapat diproses sekarang juga dan saya diminta untuk menunggu. Beberapa menit kemudian, petugas pajak kembali memanggil saya untuk menyerahkan e-Fin dan sekali lagi itu GRATIS.

e-filing reg

Sesampainya di kantor (sebenarnya kantor client sih), saya langsung mencoba untuk mengaktifkan e-Fin tersebut. Saya membuka laman https://efiling.pajak.go.id/index. Proses registrasi e-Fin dilakukan cara memasukan beberapa data yang diperlukan seperti NPWP, alamat email, no. telp, password, dan e-Fin. Jika proses registrasi telah berhasil, maka sebuah email akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan. Saya pun mengklik sebuah tautan pada email tersebut untuk mengaktifkan akun saya.

Proses selanjutnya adalah pengisian formulir 1770 S. Untuk dapat melakukan pengisian, saya harus terlebih dahulu login ke dalam sistem dengan menggunakan NPWP dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.  Formulir 1770 S sendiri dapat diklik pada sisi kiri dashboard. Setelah proses pengisian formulir selesai, klik tombol simpan untuk menyimpan data-data yang sudah dimasukkan.

Bukti PenerimaanSetelah proses penyimpanan selesai, laman dashboard akan kembali ditampilkan. Pada dashboard tersebut, pilih formulir yang sudah disimpan lalu klik tombol kirim kode verifikasi. Kode verifikasi ini merupakan tanda tangan elektronik pada e-filing. Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar. Jika sudah mendapatkan kode verifikasi, formulir elektronik (e-File SPT) 1770 S sudah siap untuk dikirimkan. Pada dashboard, klik tombol kirim dan masukan kode verifikasi yang sudah diterima sebelumnya. Jika proses pengiriman berjalan lancar, maka sebuah bukti penerimaan elektronik akan dikirimkan ke email anda.

Jika pada pelaporan paper-based kita harus menyertakan fotocopy bukti potong dari pemotong pajak yaitu formulir 1721 A1, maka dengan sistem e-filing kita sudah tidak perlu lagi menyertakan formulir tersebut. Akan tetapi ada baiknya formulir tersebut disimpan jika suatu saat dibutuhkan.

Proses pelaporan pajak dengan e-filling SPT ini sangat praktis dan cepat. Hanya butuh waktu lebih kurang 10 menit (internet di client lambat). Kita tidak perlu repot-repot mencari drop box dan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun karena bisa diakses selama 24/7. Dan terlebih lagi, setidaknya kita berkontribusi terhadap lingkungan dengan mengurangi jumlah kertas yang diperlukan untuk mencetak formulir 1770 S.

Sebagai catatan e-Fin tersebut berlaku seumur hidup sehingga tahun berikutnya kita tidak perlu lagi mendaftarkan diri. Cukup login kembali ke dalam sistem dan melakukan proses pelaporan pajak pada tahun bersangkutan.

