Tags

,

SKCK atau surat catatan kepolisian adalah surat yang diterbitkan oleh kepolisian yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Surat ini sebelumnya dikenal dengan nama SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik). Surat ini terkadang dibutuhkan sebagai salah satu syarat administrasi pada saat melamar pekerjaan, registrasi pendidikan, pengajuan visa/PR di negara tertentu, dll.

Untuk membuat SKCK baru, dokumen di bawah ini harus disiapkan terlebih dahulu:

  1. Surat Pengantar dari Kelurahan. Surat ini didapatkan dari kelurahan sesuai dengan KTP yang bersangkutan. Surat ini akan dikeluarkan oleh kelurahan setelah ada surat pengantar dari RT dan RW.
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy kartu keluarga
  4. Foto copy akte lahir
  5. Foto copy ijazah terakhir
  6. Foto copy passport. Dokumen ini diperlukan jika SKCK dipergunakan untuk keperluan bekerja di luar negri (TKI), permanent resident (PR), dan visa
  7. Foto berwarna 4 x 6 5 lembar
  8. Pengantar dari perusahaan (TKI)
  9. Blanko pengisian SKCK. Dokumen ini dapat diperoleh pada saat mengajukan permohonan di kantor polisi (polsek atau polda).
  10. Rumus sidik jari. Rumusan sidik jari dapat diperoleh di INAFIS pada saat mengajukan permohonan di polsek atau polda.

SKCK yang dikeluarkan biasanya berlaku hanya 3 bulan terhitung per tanggal dikeluarkan. Akan tetapi, surat ini dapat diperpanjang dengan cara melampirkan dokumen berikut ini:

  1. SKCK yang lama
  2. Pengantar dari kelurahan (jika masa berlaku SKCK lebih dari 6 bulan). Jika SKCK hanya berlaku 3 bulan, maka pengantar dari kelurahan tidak diperlukan.
  3. Foto copy KTP
  4. Foto berwarna ukuran 4 x 6 4 lembar
  5. Blanko pengisian SKCK. Dokumen ini dapat diperoleh pada saat mengajukan permohonan di kantor polisi (polsek atau polda).

Jika berdomisili di Jakarta dan Anda bekerja di daerah segitiga emas, maka saya sarankan untuk membuat SKCK tersebut di Polda Metro Jaya. Kantor pembuatan SKCK tersebut berada tepat di sebelah masjid polda. Prosesnya cepat dan bisa ditunggu. Saya hanya membutuhkan waktu 10 menit dari pertama kali submit sampai surat dikeluarkan. Biaya untuk SKCK hanya Rp 10,000/lembar.

Advertisements